Jajaran direksi

Direksi bertugas mengelola jalannya Perseroan sehari-hari. Sesuai Anggaran Dasar Perseroan, Direksi setidaknya harus terdiri dari tiga orang anggota, salah satu di antaranya adalah Direktur Utama. Apabila

diperlukan, satu atau lebih anggota Direksi dapat ditunjuk sebagai Wakil Direktur Utama. Direksi berkewajiban menjalankan tugasnya dengan itikad baik dan penuh tanggung jawab dengan selalu memperhatikan kepentingan Perseroan.

Direksi memiliki kewenangan untuk bertindak untuk kepentingan dan atas nama Perseroan, berkaitan dengan semua transaksi manajemen dan administrasi Perseroan. Walaupun demikian, berdasarkan Anggaran Dasar Perseroan dan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia, ada Tindakan-tindakan tertentu yang memerlukan persetujuan tertulis dari dan/atau akta terkait yang turut ditandatangani oleh Komisaris Utama atau dari/ oleh dua anggota Dewan Komisaris bila Komisaris Utama berhalangan hadir atau oleh semua anggota Dewan Komisaris bersama-sama.

Dewan Direksi Perseroan terdiri dari 4 anggota dimana terdapat Direktur Utama, Direktur Komersial, Direktur Administrasi, Direktur Keuangan dan Akuntansi, dan Direktur Tidak Terafiliasi. 

Kewajiban dan Tanggung Jawab:

Direktur Utama

  1. Membangun misi dan tujuan Perseroan.
  2. Menyiapkan kebijakan Perseroan sesuai dengan misi dan tujuan Perseroan.
  3. Mengemban tanggung jawab untuk keseluruhan praktik Kualitas, Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan Perseroan.
  4. Mengarahkan strategi Perseroan sesuai dengan target keuangan dan operasional yang telah disepakati, dan mencari peluang masa depan untuk pertumbuhan yang lebih menguntungkan.
  5. Mengawasi bisnis, baik secara umum dan khusus dalam hal perpanjangan kontrak/peningkatan dengan memantau situasi lingkungan politik, ekonomi, keuangan, dan operasional tempat Perseroan menjalankan usahanya.

Direktur Komersial

  1. Memastikan pencapaian target pendapatan melalui pemanfaatan peluang usaha voyage charter, time charter, dan keagenan secara optimal.
  2. Memperkuat loyalitas klien dan mempertahankan kepuasan klien.
  3. Mengembangkan bisnis baru baik dengan klien yang ada sekarang maupun klien potensial.
  4. Terus-menerus mengidentifikasi peluang pertumbuhan bisnis yang potensial dan menyajikan proposal yang dianggap baik untuk menyokong kerja sama baru. 

Direktur Administrasi

  1. Menyediakan sumber daya yang diperlukan termasuk personel untuk melaksanakan Sistem Manajemen Kualitas, Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan Perseroan.
  2. Memilih dan mengatur personel yang berkualitas.
  3. Mengesahkan kontrak atau perjanjian dengan pihak eksternal.
  4. Mengontrol kegiatan Kepala Divisi atau Kepala Bagian.
  5. Menyediakan dan memelihara infrastruktur TI.
  6. Menyediakan jasa pendukung (TI dan infrastruktur komersial).

Direktur Keuangan dan Akuntansi

  1. Mengkoordinir perumusan strategi jangka panjang sebagai dasar Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) dengan bekerja sama dengan anggota Direksi lainnya.
  2. Memberlakukan langkah-langkah yang dapat mengurangi dan menanggulangi berbagai jenis risiko finansial yang dapat dihadapi oleh Perseroan dengan berkoordinasi dengan anggota Direksi lainnya.
  3. Memastikan agar seluruh unit usaha dan wilayah kerja Perseroan mematuhi kebijakan dan Standard Operating Procedure (SOP) keuangan yang berlaku untuk masing-masing fungsi sesuai dengan rencana yang telah disetujui (business units oversight).
  4. Membangun sinergi dan berusaha mencapai hasil bisnis yang optimal dari pelaksanaan seluruh usaha Perseroan.
  5. Memastikan ketersediaan dana operasional yang dibutuhkan oleh Perseroan untuk kegiatan operasional sehari-hari, dengan melakukan koordinasi erat dengan para kepala unit usaha.
  6. Memastikan konsolidasi keuangan yang akurat untuk keperluan pelaporan kepada Direksi dan Komisaris Perseroan.

Direktur Tidak Terafiliasi

  1. Menyarankan pengembangan visi, strategi dan kebijakan Perseroan, bersama dengan seluruh Direksi.
  2. Memberikan pengawasan dan pandangan independen terhadap pelaksanaan strategi dan membantu Direksi membuat keputusan yang objektif dan seimbang.
  3. Memberi saran dan konsultasi kepada Direksi dalam tanggung jawabnya terhadap tata kelola Perseroan, stabilitas keuangan dan penggunaan dana Perseroan.

Baca Lebih Lanjut

Profil Manajemen Kami